Rabu, 16 Oktober 2013

Kata kuncinya bahasa Inggris atau Indonesia?


Ketika anda mencari informasi untuk rekreasi dan mengisi waktu luang, tentu tidak mengapa jika sumbernya dari blog. Namun jika informasi yang anda cari bersifat krusial, penting, dan "jangan sampai salah" semisal bahaya ini itu, hal-hal kontroversial, dan lalala (dll), anda mungkin akan berpikir dua kali sebelum mengambil haluan dari blog. Seandainya anda diberi pilihan, mungkin anda akan lebih memilih sumber berupa website resmi organisasi terpercaya daripada blog. Kalau dipikir-pikir, proporsi blog yang bagus dibanding website yang bagus memang masih kalah banyak.

Selasa, 06 Agustus 2013

Lebaran 1434 Kapan?


Menyedihkan memang, Ramadhan dan lebaran di Indonesia bisa beda-beda. Semoga bisa lekas bareng.
Dan terkait dengan hal itu, di sini coba saya paparkan prediksi lebaran tahun ini dengan melihat di Stellarium. Saya kurang ngerti itu data-datanya tentang apa aja, tapi di situ bisa dilihat bahwa posisi bulan dekat dengan garis 5 derajat. Dan di infonya juga tertulis altitude 4 derajat (klik gambar untuk memperbesar). Semoga interpretasi saya benar, saya berkesimpulan bahwa besok tanggal 7 Agustus, hilal berada pada ketinggian 4 derajat dan jika diruqyat InsyaAllah terlihat (biasanya terlihat jika lebih dari 2 derajat). Maka dari itu, saya memprediksikan lebaran tahun ini jatuh pada hari yang SAMA!

Rabu, 31 Juli 2013

Big Bigger Biggest version


Big Bigger Biggest adalah dokumenter tentang struktur terbesar buatan manusia dan teknologi serta inovasi di baliknya.
Berikut ini adalah struktur terbesar di dunia versi Big Bigger Biggest.

Aircraft Carrier: USS Nimitz (seberat 99.000 Ton)

Airport: Heathrow, London (mampu mengakomodasi 100.000.000 penumpang per tahun)

Minggu, 28 Juli 2013

Documentary Series Review

By definition, dokumenter adalah sebuah karya entah itu film atau acara televisi yang menampilkan materi historis, politis, sosial, teknologi, dan lain-lain secara faktual dan informatif yang kadang diiringi berita aktual dan wawancara dan disertai narasi.

Oke, trus? Ya, gak kenapa-kenapa. Tapi somehow, dokumenter adalah salah satu jenis film yang sangat langka di pertelevisian Indonesia (citation desperately needed). Semenjak berhenti tayangnya Naked Science di MetroTV dulu sekali, film documenter dapat saja dikatakan lenyap dari muka bumi pertiwi – dari sudut pandang televisi tentunya. Beberapa acara yang meliput wild life masih terlihat, namun entah ini disebut documenter atau bukan.

Tapi untunglah, ada orang-orang baik hati yang mengupload di Youtube, sehingga meskipun rata-rata televisi tanah air isinya sinetron mulu (entah sekarang gimana, jarang nonton tv nih) tapi masih bisa menikmati dokumenter. Berikut adalah review pendek saya tentang beberapa dokumenter, semuanya (hopefully) masih bisa diakses di Youtube:

Jumat, 26 Juli 2013

Now Playing: Ramadhan


[FSX] Hubungan PAPI dan Glideslope


Definisi dari PAPI dan Glideslope dapat dilihat di mana-mana, sedangkan di sini hanya dibahas hubungan antara PAPI dan Glideslope. Jadi, bagi yang levelnya masih "PAPI & Glideslope tu makanan apa?", please come back later.
Fungsi dari PAPI adalah sebagai indikator visual bagi pilot tentang posisi pesawatnya terhadap Glideslope.
Sekarang coba amati gambar di atas. Terdapat lima area dengan nomor masing-masing, dengan penjelasan sebagai berikut:

Sabtu, 20 Juli 2013

Tips Mendaratkan Pesawat di FSX the Musthaf way

Bagi mereka yang belum pernah menyentuh dunia penerbangan, mendarat terlihat seperti sesuatu yang "straightforward". Tapi bagi mereka yang pernah mencoba termasuk yang virtual, terasa cukup "tricky". Kenyataannya, entahlah, hehe. Berikut tips-tips mendarat di FSX yang kukumpulkan dari berbagai sumber.

Kita mulai dari descent. Saat descent, ada dua permasalahan utama, kapan dan seberapa. Kita bahas dari seberapa dulu.

Pesawat pada umumnya descend dengan menjaga 3 degree flight path, dan untuk menjaga flight path tersebut, ada hitung-hitungan gampang.
Vertical Speed = Ground Speed x -5
misal, GSku 500 knot, maka untuk descend harus kuatur agar VS = 500 x -5 = -2500 fpm. Dengan profile seperti ini, flight pathku akan membentuk 3 derajat.